Tuesday, April 16, 2013

Ciri - Ciri Kerusakan Memory Ram


Sudah saya jelaskan apa itu yang dinamakan RAM,jenis jenis RAM serta Kegunaannya didalam komputer.Baca: Cara menambah memori RAM
Sekarang akan kita bahas tentang akibat akibat yang terasa pada komputer jika RAM rusak.
Seperti pada jenis hardware komputer lainnya,memory RAM adalah salah satu hardware yang paling sering mendapat masalah.Banyakhal yang bisa menyebabkan sebuah RAM menjadi rusak.Salah satunya adalah konsleting listrik yang terjadi disaat seseorang memasang RAM pada motherboard.

Terkadang seorang teknisi komputer berpengalaman akan melepas dan memasang memori RAM tanpa memutus aliran listrik.Beberapa bahkan tanpa mematikan komputernya.Jangan ditiru, karena mereka memang sudah sangat terbiasa.Karena, Sedikit saja terjadi kesalahan saat melepas atau memasang memory (saat listrik masih mengalir pada) motherboard, bisa menyebabkan kerusakan RAM dengan seketika(sedikit persen bahkan total).
Walaupun memory RAM sudah dilengkapi dengan nocth, jika anda tidak terbiasa, jangan pernah lakukan itu.


Masalah masalah umum lainnya yang bisa menyebabkan RAM rusak adalah: 

  • Ketidakstabilan daya listrik.
  • Terlalu sering melakukan overclocking.
  • RAM kepanasan akibat hardware lain.
  • Karena pemakaian komputer yang terlalu maksa.
  • Kesalahan penanganan RAM.
  • Adanya kotoran (korosi) pada pin atau slot RAM pada motherboard.Mungkin saja RAM tidak rusak,namun terhambatnya aliran listrik akibat korosi bisa membuat RAM seolah rusak.
  • Kemungkinan Memori RAM sudah rusak sebelum dipakai juga bisa walaupun kecil kemungkinannya,untuk itulah perlu meminta garansi pada saat membelinya.
Dari beberapa penyebab kerusakan diatas,tidak serta merta akan membuat RAM rusak total.RAM dibuat dari penggabungan beberapa set,RAM seringkali mengalami kerusakan secara perlahan hingga 100%.
Walaupun ada kerusakan RAM yang masih tergolong ringan,tentu akan terasa jika kita sudah terbiasa menggunakan komputer tersebut. Misalnya saja menurunnya performa komputer secara drastis(komputer menjadi lambat), sering restart sendiri,komputer sering hang hingga komputer mejadi tersendat sendat saat menjalankan aplikasi.

Secara fisik kerusakan pada RAM seringkali ditandai dengan:

  • Komputer mengeluarkan bunyi saat booting.
  • Terjadi bluescreen saat instalasi windows.
  • Pada akibat yang lebih parah dari kerusakan RAM,Komputer tidak akan bisa booting dengan ditandai oleh suara "BEEP" yang berulang ulang.

Namun untuk memastikan apakah RAM benar benar rusak perlu beberapa langkah diagnosa.
Bisa jadi akibat akibat yang ditimbulkan diatas hanya gara gara slot RAM kurang terpasang dengan baik atau ada korosi pada PIN RAM.
Caranya: Matikan komputer kamu dengan cara melepas stop kontak listrik.Copot seluruh memori RAM (jika lebih dari 1 set),bersihkan kaki kaki (pin) dan pasang RAM kembali.Selain itu,periksa juga seluruh kabel kabel yang menghubungkan hardware dengan PSU (power suplay).
Jika tanda tanda kerusakan diatas belum teratasi,kemungkinan RAM kamu memang benar benar sudah koit.Cobalah untuk mencari pinjaman RAM yang nganggur punya teman,tapi pastikan dulu jika RAM tersebut kompatibel dengan motherboard komputer kamu.Jika masalah masalah komputer kamu langsung beres,jangan segan lagi untuk mengganti RAM tersebut.

Namun bagaimana jika masalah belum beres?,,,,,tentu saja kerusakan yang terjadi bukan diakibatkan oleh memori RAM.Bisa saja masalah yang ada tersebut disebabkan oleh gangguan (kerusakan kecil) pada PSU,sehingga kinerja RAM terganggu.Maka untuk memastikannya, kamu juga perlu untuk memeriksa kelayakan power supply komputer.
 sumber:http://www.spiderbeat.com/2012/12/ciri-ciri-memory-ram-rusak.html

3 comments:

Fla said...

Good, thanks for info gan [Download ppt di Slideshare]

Fla said...

sangat bermanfaat ini
Jerawat Meradang

LOVELYZ TRILOGY said...

makasih banyak gan alat pemisah lcd

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons