Saturday, September 3, 2011

Ciri - Ciri Kerusakan Hard disk





Hard Disk Laptop



Kerusakan Hard disk adalah kerusakan yang paling umum atau paling sering pada perangkat hardware. Har disk laptop lebih sering rusak dari pada PC. Jika ada benturan keras atau ringan itu dapat merusak har disk, kalau pada laptop sangat riskan.
Gejala-gejala Hard disk rusak:
  1. Pada saat laptop dinyalakan biasanya pas windows mulai start akan terjadi blue screen ada pesan "UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME" dan  “WINDOWS\SYSTEM32\CONFIG\SYSTEM”, semua pesan-pesan diatas mengindikasikan masalah filesystem. kadang-kadang bisa diperbaiki, namun indikasi seperti pesan-pesan diatas 50% mengindikasikan bahwa hard disk rusak.

  2. Ktika laptop di start mau nyala tapi setelah pada layar WINDOWS XP muncul dan loading terus-menerus, hal ini mengindikasikan bahwa hard disk rusak

  3. Begitu laptop distart dan ada pesan mengenai sound card, dan ada perintah untuk diklik. dan juga kadang sound card tidak dapat mengeluarkan suara meskipun sudah diinstal, ini berarti Hard disk rusak, perlu diganti

  4. Ketika windows mau booting tapi setelah beberapa saat ada pesan (biasanya screen berwarna hitam) SMART tes gagal.maka hal perlu nda lakukan adalah segera membackup data anda agar nanti tidak hilang pada waktu Hard disk rusak.

    Hal keempat diatas adalah indikasi terjadinya Hard Disk rusak, jadi jika pada laptop anda terjadi salah satu indikasi diatas segera konsultasikan atau bawa ke
    Service Laptop atau bengkel Laptop sebelum Hard disk anda rusak dan seluruh file-file anda hilang.

26 comments:

CahNdeso said...

Waaah.. saya pernah mengalami ini, Gan. Akhirnya terpaksa ganti Harddisk. Thanks infonya.
Btw, follow #5, please follow balik iya Gan..

Bengkel Laptop Semarang said...

ok gan sama-sama...

Anonymous said...

gan mau tanya kalau device com ilang tu perlu di repair apa di install ulang ya, padahal q dah pake pc mac n avg anti virusnya tapi kok masih kena ya sampai devicenya ilang

Bengkel Laptop Semarang said...

untuk lebih bagusnya di instal ulang aja...
trus setelah diinstal ulang di instal deep freeze
biar systemnya aman..

antonabihandsome said...

hmmm...ijin menyimak gan..cuma kalo di scandisk biasanya ketauan juga kan gan klo dah mu rusak.pan ada tuh software buat ngeceknya semisal boot hiren mungkin,di dalemnya kan banyak tuh software buat ngecek segala macem...termasuk HD juga..

Bangjal Dua Tiga said...

baca dulu ah,, buat jaga-2 hardisk ane

Bengkel Laptop Semarang said...

anton: terima kasih infonya gan

Bengkel Laptop Semarang said...

Bangjal: iya gan semoga bermanfaat...

mega said...

oh gitu yah...tapi kira2 ada antisipasinya gk selain dibawa ke tukang services....

Bengkel Laptop Semarang said...

@mega: yang jelas dirawat...

Anonymous said...

gan mau tanya...laptop q compaq CQ40 tak nyalain tapi gak bisa masuk OS'nya dan masuk bios juga gak bisa cumma nongol di monitor logo COMPAQ dan aku tekan F1 sampai F12 gak mau malah terus bunyi tut".....Kenapa itu? (aku pernah ngalamin kyak gitu sebulan kmren kena hard disk'nya n q dah gnti hard disk baru 1 bln lagi kyk gitu lagi) mohon dibantu.....?

Bengkel Laptop Semarang said...

@Anonim: Silahkan Dibawa ketempat kami. perlu dicek semuannya dulu. selain Hard Disknya. silahkan hubungi 085-741-287-147

Putri said...

Pak, saya mau tanya. Laptop saya kemarin mati gara2 kehabisan baterai. Setelah saya hidupkan lagi ternyata gak mau hidup malah ada tulisan "Operating system not found". Setelah itu saya masuk ke BIOS, yang saya temukan adalah HDD "none" atau dengan kata lain tidak terdeteksi. Kemudian saya minta tolong teman untuk membongkar laptop saya dan mengganti dengan hard disk teman saya, ternyata bisa hidup normal padahal kalau hard disk saya dipasang di laptop lain tetap saja tidak terdeteksi. Yang ingin saya tanyakan apakah hard disk laptop saya rusak?? Adakah cara lain untuk memperbaiki hard disk saya tanpa harus mengganti dengan hard disk yang baru?? Berapa kira2 biayanya ya pak??
Terima kasih. Maaf jika pertanyaan saya terlalu banyak.

neva guevara said...

kalo boleh tau..harga motherboard sekitar berapa boss laptop saya HP pavilion dv 5.trims

Anonymous said...

hardisk self check , stuck = hdd rusak kah ?

Anonymous said...

mas notbuk sy bunyinya kok 'ker..ker...ker..terus y'
itu knp y kbtulan sih notbukx wxp n sy skrg pke w7 abal n mmory 1gb..
solusix gmn? thanks

kir kirron kirron said...

bisa ngk ya diperbaiki tanpa ganti hardisk soalnya laptop sy mengalami hal seperti diterangkan diatas.dan laptop sy itu br berjalan 3 bulan

kir kirron kirron said...

tolong infonya

ambond said...

gan..mau tya..
notebook saya kalau dnyalain kadang nyala,nnti dmatiin trs dnyalakan hidup tp gak tampil pada lcd,tp kdang normal,trs kdang gtu lagi..
kira2 knp ya gan??
tlong bntuannya...
thx

Anonymous said...

gan ane mau nanya ..
knp yah hardisk saya gk bisa angkt OS y
laptop saya HP ..

Anonymous said...

punya ane kalo dinyalain gak bisa masuk ke windows mlh bnyi keras bngt...itu yg rusak kira2 apanya...?

Flashdisk Kartu said...

Thanks gan infonya
sangat bermanfaat
semoga mendapat balasan kebaikan

Andro Ameer said...

laptop saya sering mati sendiri tiba²... kira² kerusakannya dimana ya gan?
gak ada pesan error sama sekali.... 4736Z ACER

Mulyadi liverpudilan said...

gan kalo notebook ane. kga bisa masuk ke bios. terus kga masuk ke operating system . dan restart terus itu gmana gan?? mohon bantuan nya

rifai anan said...

Mz kalo hardisk saya itu bunyi krek nd nging begitu secara terus-menerus, cuma tidak menunjukan ke-4 gejala seperti diatas, apakah itu juga ciri mau rusak ato gimana?
Mohon penjelasannya ya
Trima kasih

hanief sevenfoldims said...

gan kan q mw ngilangin bad sector di drive C(system) lalu q pake yg asli dari windows . saat klik start kok gk bisa trz ada tulisan check my schedule !!!
tp besok nya saat dinyalain kok booting . trz gue nunggu 20-30 menit lalu booting nya selesai .
itu kenapa gan!!
thanks for your answer

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons