Wednesday, April 3, 2013

Solusi Laptop Sering Mati Sendiri

Laptop anda sering mati sendiri saat digunakan. Saat sedang asyik-asyiknya bermain game tiba-tiba laptop mati sendiri atau saat sedang mengerjakan tugas penting. Ini adalah warning bahwa laptop anda dalam kondisi tidak sehat. Lalu apa yang harus kita lakukan ?. Kali ini kita akan membahas lebih dalam penyebab laptop mati sendiri dan bagaimana cara mengatasinya.
laptop kepanasan
Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri
Penyebab laptop mati sendiri adalah waktu penggunaan yang over sehingga laptop menjadi overheat atau kepanasan. Bayangkan jika anda menggunakan laptop anda seharian full tanpa waktu istirahat atau bahkan mungkin lebih dari satu hari. Bagaimana kalau dalam kondisi tersebut anda umpamakan sebagai anda yang bekerja 24 jam non stop ?. Tentu hasilnya adalah sesuatu yang buruk, begitu pula dengan laptop. Saat anda menggunakan laptop sesuaikan dengan kemampuan kerja laptop anda, ibaratkan itu adalah sebuah benda hidup. Itulah kebanyakan penyebab laptop sering mati sendiri.
Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri
Seperti yang telah kita ketahui bersama penggunaan yang berlebihan menyebabkan laptop menjadi overheat. Overheat adalah keadaan dimana sebagian besar komponen pada laptop menjadi terlalu panas sehingga menyebabkan kinerjanya terhambat. Lalu apa solusi yang paling tepat untuk mengatasi jika terjadi overheat ?. Langkah pertama adalah menggunakan Cooling Pad saat menggunakan laptop secara berlebihan. Ini dapat mengurangi resiko overheat pada laptop anda.
Untuk mengantisipasi terjadinya overheat pada laptop anda berikut adalah beberapa tips trik yang dapat anda aplikasikan dalam penggunaan laptop yang baik :
1. Coba anda mulai menurunkan tegangan sistem (Undervolt).
2. Coba anda cek debu di fan/heatsink laptop. Sering-seringlah membersihkan bagian dalam laptop. Bongkar/cari tempat yang mau terima jasa membersihkan fan laptop.
3. Bisa jadi Thermal paste sudah dalam kondisi yang memprihatinkan atau minta diganti. Thermal paste ini untuk mempermudah perpindahan panas dari processor ke heatsink. Kalau tidak tahu apa itu Thermal Paste, datang saja ke tempat service komputer.
4. Jangan menggunakan laptop pada tempat berdebu. Anda pasti sering atau bahkan senang saat menggunakan laptop di lantai, kasur, sofa atau tempat yang rileks menurut anda, namun hal tersebut dapat membuat laptop anda menjadi ‘galau‘.
5. Selalu gunakan Cooling Pad saat menggunakan laptop. Beli Cooling Pad dengan kualitas terbaik untuk hasil terbaik.
Banyak pula kasus sering mati laptop ini mengakibatkan laptop sering restart sendiri. Pertanyaan yang sering orang ajukan “Kenapa pada komputer sering restart“. Hal ini juga dapat diakibatkan karena komputer atau laptop overheheat atau dalam kasus ini panas tidak mampu lagi ditahan oleh pendingin bawaan laptop atau komputer anda.
Demikianlah artikel tentang penyebab laptop sering mati sendiri dan cara mengatasi laptop yang sering mati sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.
sumber:http://teknologi.maxsnews.com
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons